August 6, 2016

Bisnis Affiliasi Yang Cocok Bagi Penulis



Di Indonesia juga banyak program bisnisn affiliasi yang bisa anda ikuti, caranya juga mudah tergantung pola bisnis anda di dunia Online. Kalau anda punya website anda tinggal memasang bannernya di web anda. Biasanya para produser itu sudah ada bahan promosinya. Kalau tidak anda bisa buat sendiri. Bisa juga anda beli dahulu produknya, kemudian buat review atau ulasan tentang produk tersebut di website anda dan kemudian “monetize” , kalau berhasil anda akan mendapatkan komisi. Kalau tidak anda bisa meng iklankannya lewat media social gratis (Facebook, Twitter, Google+ dll)  atau iklan berbayar juga lewat media social yang sama. Intinya anda tinggal hitung apakah ada untungnya atau tidak? Kalau ada untung teruskan kalau rugi ya dihentikan.

Bisnis Affiliasi Yang Cocok Dengan Para Penulis

Meski sebagai penulis, anggak ada juga salahnya melirik program afiliasi, program yang menjualkan produk kawan atau orang lain. Kalau anda berhasil menjualnya anda akan dapat komisi. Nggak ada salahnya akan? Indonesia juga mempunyai potensi bisnis Affiliasi, dan menarik untuk di uji coba. Caranya gampang dan hasilnya? Tergantung Anda sendiri.Bisnis affiliasi adalah bisnis yang tergolong mudah untuk menjalankannya untuk contohnya anda bisa melihat Blog affiliasi saya Disini Enaknya anda angga perlu buat produk sendiri. Yang perlu anda lakukan adalah memasarkan produk affiliate anda, kalau laku anda akan mendapatkan komisi yang besarnya bervariasi dan tergantung si pemilik produk. Komisi affiliasi yang terkenal karena besarnya komisi adalah komisi dari affiliasi Clickbank, komisinya mulai dari 40%-75%. Kalau anda masih asing dengan bisnis affiliasi ini anda bisa baca Bukunya disini : Cara Mudah Dapat Uang Dari Clickbank  bukunya sudah 2 kali cetak ulang.


Di Indonesia juga banyak program yang bisa anda ikuti, caranya juga mudah tergantung pola bisnis anda di dunia Online. Kalau anda punya website anda tinggal memasang bannernya di web anda. Biasanya para produser itu sudah ada bahan promosinya. Kalau tidak anda bisa buat sendiri. Bisa juga anda beli dahulu produknya, kemudian buat review atau ulasan tentang produk tersebut di website anda dan kemudian “monetize” , kalau berhasil anda akan mendapatkan komisi. Kalau tidak anda bisa meng iklankannya lewat media social gratis (Facebook, Twitter, Google+ dll)  atau iklan berbayar juga lewat media social yang sama. Intinya anda tinggal hitung apakah ada untungnya atau tidak? Kalau ada untung teruskan kalau rugi ya dihentikan.


Bagaimana memilih Affiliate yang mau Anda jual?
Jika Anda masih baru, sebisa mungkin cari produk yang laku dan sederhana caranya dapatkan komisinya.
Carilah produk yang menurut anda akan laku, dan sukur kalau komisinya juga besar.
Sebaiknya fokus ke salah satu niche (segmen ),  dan kuasai niche tersebut baru kemudian ke segmen lainnya
Umumnya para affiliate itu tidak menarik bayaran, tetapi adanya juga persyaratan agar anda membeli produknya terlebih dahulu. Ada baiknya anda memulai dari yang tidak perlu bayar terlebih dahulu.

Berikut Daftar Affiliasi Yang Bisa Anda Coba
Ratakan. Ratakan merupakan marketplace dan jaringan afiliasi untuk jual beli produk digital Indonesia menggunakan sistem rekening bersama serta mempertemukan para pemilik produk dan para afiliasi.
Komisi: hingga 75%
AsianBrain AsianBrain adalah sekolah bisnis online pertama  dan terbesar di Indonesia, yang didirikan oleh Anne Ahira sejak tahun 2005. Hingga saat ini, Ribuan orang Indonesia telah bergabung menjadi member AsianBrain untuk belajar bagaimana menjalankan bisnis online secara profesional.
Komisi: hingga 25%
Qlapa – Qlapa adalah Jaringan yang bisnis yang menawarkan berbagai produk kerajinan tangan asli Indonesia. Komisi mulai dari 5 % hingga 10%
Link >> https://qlapa.com/affiliate
IDAFF IDAFF (Indonesia Affiliate) adalah jaringan affiliate marketing di Indonesia.
Komisi: tidak diketahui
Zaxaa  Zaxaa dikembangkan dan dijalankan oleh XooGuu, LLC, induk perusahaan dari Get Profits Fast.
Komisi: tidak diketahui


Tools/Aplikasi
KIRIM.EMAIL KIRIM.EMAIL adalah salah satu perusahaan autoresponder karya anak bangsa.
Komisi: hingga 30%
Omegasoft Omegasoft, merupakan salah satu pengembang software berbasis manajemen bisnis, dari Indonesia, yang telah berpengalaman lebih dari 8 tahun, dalam pengembangan teknologi informasi dan komputasi.
Komisi: hingga 5%
iPaymu iPaymu adalah suatu cara pembayaran online ataupun pengiriman uang yang berfungsi untuk memudahkan pengguna dalam bertransaksi dengan menggunakan layanan internet.
Komisi: hingga Rp25.000,-
AVG  AVG adalah The Online Security Company™ Kami melindungi perangkat, data, dan orang-orang
Komisi: hingga 30%


Domain dan Hosting
BOC Indonesia  Bali Orange Communications atau disingkat BOC adalah sebuah perusahaan jasa web design dan pemrograman website, penyedia web hosting dan pendaftaran domain name berekstensi internasional dan Indonesia.BOC Indonesia
Komisi: hingga 15%
Cloud Media Biz Cloud Media Biz Hadir untuk memberikan solusi pasar yang menginginkan layanan hosting premium terbaik.
Komisi: hingga 70%
Dewa Web  Dewaweb Cloud Hosting Indonesia adalah layanan Web Hosting Indonesia tanpa ribet, 100% uptime, Ninja support 24/7, domain murah, terbaik, no. 1 di Indonesia.
Komisi: hingga 20%
 Qwords  Qwords.com Web Hosting adalah perusahaan penyedia jasa layanan Web Hosting (Web Hosting Provider) yang melayani registrasi nama domain & Web Hosting sejak Juli 2005.
Komisi: hingga Rp35.000,-
Nusantara Host  Nusantara Host, kami hardir untuk memberikan layanan unlimited hosting server indonesia
Komisi: hingga 70%
Ide Bagus  IdeBagus.com berdiri berdasarkan prinsip bahwa kami dapat menjadi sebuah perusahaan yang berbeda, fokus pada kebutuhan pelanggan, bukan teknologi. Kami melakukannya dengan menghilangkan semua stress dan beban yang anda alami ketika berkaitan dengan hosting website.
Komisi: hingga 25%
Indosat  IM2 Web Hosting ( http://www.indosat.net.id) adalah salah satu jasa PT. Indosat Mega Media (IM2) yang dikhususkan untuk memberikan solusi kebutuhan Web Hosting dan Domain bagi anda baik perorangan maupun perusahaan dengan harga yang terjangkau dan kualitas terbaik.
Komisi: hingga 25%
Metrodata  Web store http://www.MetrodataOnline.com sebagai penerus web store yang sebelumnya yaituhttp://www.myicontech.com, merupakan toko online milik PT. My Icon Technology (Metrodata Group)
Komisi: hingga 10%


Kesehatan/Hamil
TipsHamil  TipsHamil adalah salah satu website yang menjual panduang untuk Anda yang ingin hamil.
Komisi: hingga Rp50.160,-
Club Sehat  Club Sehat adalah salah satu toko online yang menjual makan sehat di Indonesia.
Komisi: hingga 5%


Percintaan
Asmaraku  Asmaraku adalah salah satu website yang berisi hal-hal tentang percintaan dan asmara.
Komisi: hingga 7%


Freelance
Projects  Projects.co.id dikelola di bawah PT Panonpoe Media  yang berbasis lokal serta eksistensi dan legalitas perusahaan yang  jelas yang sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku di Republik Indonesia.
Komisi: hingga 20%


Supplier
Supplier  Supplier.id Express adalah sebuah website ecommerce yang menyediakan berbagai macam produk untuk dipakai pribadi maupun dijual lagi dengan harga retail.
Komisi: hingga Rp100.000,-


Buku
Books&Beyond  Books&Beyond adalah salah satu toko buku online yang berada di Indonesia.
Komisi: hingga 5%


Ecommerce
Bhinneka  Bhinneka adalah salah satu website ecommerce Indonesia yang menjual berbagai macam barang elektronik. Saat ini sudah tersedia sekitar 30 ribu produk dan akan terus bertambah.
Komisi: hingga 5%
Lazada   Lazada adalah pusat pembelanjaan online tersebar di Asia Tenggara.
Komisi: hingga 10%
BliBli  Sebagai salah satu pelopor online shopping mall, Blibli.com berkomitmen memberikan pengalaman berbelanja online yang aman, nyaman, mudah, menyenangkan, dimana saja dan kapan saja.
Komisi: hingga 20%
Matahari Mall   MatahariMall.com adalah situs perdagangan elektronik asal Indonesia yang menyediakan lebih dari ratusan ribu pilihan produk dari segala kebutuhan mulai dari fashion wanita, fashion pria, kesehatan & kecantikan, handphone & tablet, laptop, gadget, elektronik, lifestyle, hobi, hingga keperluan rumah tangga.
Komisi: hingga 10%
KiosPlusKiosPlus.com adalah toko online yang menjual kebutuhan sehari – hari  mulai dari busana, peralatan rumah tangga,elektronik dan produk hobi.
Kami memberikan jaminan uang kembali 100% jika barang yang anda terima mengalami kerusakan atau tidak sesuai pesanan.
Komisi: hingga 5%


Fashion
Zalora  Zalora sebagai online fashion destinasi terbesar di Asia Tenggara, didirikan pada awal tahun 2012. Kami berada di Singapura, Indonesia, Malaysia & Brunei, Filipina, Thailand, Vietnam, Hong Kong dan akan memperluas hingga ke Taiwan, ZALORA Taiwan.
Komisi: hingga 12%
Esgotado Esgotado adalah salah satu brand fashion asal Indonesia yang berlokasi di Bandung. Esgotado menyediakan beberapa jenis tas keren untuk anak muda.
Komisi: hingga 25%
Berry Benka Berrybenka.com adalah situs belanja online fesyen dan kecantikan ternama di Indonesia. Berrybenka menjual lebih dari 1000 merek lokal dan internasional, termasuk produk in-house label.
Komisi: hingga 10%
Hijabenka  Hijabenka.com adalah e-commerce busana muslim yang didedikasikan untuk menyediakan pakaian muslim dengan gaya yang fresh dan fashionable. Kami menawarkan ragam pilihan busana muslim; mulai dari pakaian bergaya basic seperti dress, atasan, rok, tunik, hingga scarf dan aksesori.
Komisi: hingga 10%


Bisnis
Billionaire Strore  Billionaire Store adalah salah satu toko online yang menjual buku-buku tentang bisnis online.
Komisi: hingga Rp150.000,-
YukBisnis  YukBisnis.com adalah sebuah portal web untuk berbisnis dan berkomunitas.
Komisi: hingga 50%
FazTrack  FazTrack adalah sebuah perusahaan yang memberikan jasa training dan konsultasi untuk pemasaran online dan offline.
Komisi: hingga 4%


Travel
Pegipegi  Pegipegi adalah salah satu situs yang memberikan jasa pesan tiket dan hotel online.
Komisi: hingga 75%
Agoda  Agoda adalah salah satu perusahan reservasi hotel online yang pertumbuhan paling cepat.
Komisi: hingga 60%
Booking Booking.com B.V., bagian dari Priceline Group (Nasdaq: PCLN), memiliki dan menjalankan Booking.com™, agen reservasi hotel online terkemuka di dunia.
Komisi: hingga 40%
TripAdvisor TripAdvisor® adalah situs wisata terbesar di dunia* yang membantu wisatawan merencanakan dan memesan perjalanan impian.
Komisi: hingga 50%
Tiket Tiket.com adalah salah satu perusahaan OTA (Online Travel Agent) terbesar di Indonesia yang menyediakan dan menyelenggarakan sistem dan fasilitas pemesanan dan pembelian tiket secara online.
Komisi: hingga 60%
Santika  Santika adalah grup utama dari beberapa hotel di Indonesia yaitu Hotel Ambarrukmo, Hotel Santika dan Hotel Amaris.
Komisi: hingga 8%


Bayi dan anak-anak
Orami
Orami.co.id kini mengembangkan sayapnya dengan menyediakan produk keperluan rumah. Orami.co.idmemudahkan Anda dalam memenuhi kebutuhan rumah sekaligus menjadikan momen berbelanja menjadi lebih praktis dan menyenangkan.
Komisi: hingga 5%


Selamat Mencoba

July 15, 2016

Jadi Blogger Sukses dan Kaya



Ada seorang sahabat anonym dan meminta advis saya? Intinya dia ingin menjadi seorang penulis Blogger sukses dan punya uang. Dapatkah bapa mengajarkan saya seperti apa ilmunya? Lama saya tidak menjawab pertanyaannya. Karena menurut saya, pertanyaan itu adalah pertanyaan biasa yang dia sendiri juga sudah tahu jawabannya.Tetapi kemudian terpikirkan juga, untuk menjawabnya. Manatahu ada juga pembaca yang lain yang punya pertanyaan yang sama.
Saya lalu ingat Steve Job, terlepas dari segala kontroversi mengenai dirinya, Steve Job telah memberikan warisan berupa 7 prinsip yang diyakini banyak orang telah membawanya meraih kesuksesan di usia yang masih terbilang muda.  Steve Jobs dianggap sebagai salah satu CEO yang paling inovatif. Cara-cara yang ia tempuh sering menjadi inspirasi bagi pengusaha dan pemilik bisnis lain di dunia. Dari 7 warisannya tiga yang paling saya suka:
Pertama: Lakukan yang Anda Sukai
“People with passion can change the world for the better,” kata Jobs suatu ketika. Inilah prinsip pertama yang ia praktekkan selama hidup; ia selalu mengikuti apa kata hatinya. Menurutnya, passion itulah yang membuat segala perbedaan. Akan sulit untuk menghasilkan ide yang baru dan kreatif ketika Anda tidak memiliki ketertarikan dan minat khusus pada apa yang Anda kerjakan. Melakukan sesuatu yang kita  suka, ya jelas sekali bedanya. Dasarnya suka, ya nggak dapat imbalanpun kita sudah pasti senang.
Kedua: Jangan Menjual Produk, Juallah Mimpi
Bagi Steve Jobs, mereka yang membeli produk Apple bukanlah “pelanggan”. Mereka adalah orang-orang yang dipenuhi dengan harapan, mimpi dan ambisi. Ia membuat produk untuk membantu orang-orang ini mewujudkan mimpi. “Some people think you’ve got to be crazy to buy a Mac, but in that craziness we see genius,” kata Jobs. Bagaimana Anda melihat pelanggan Anda? Bantulah mereka melepaskan sisi jeniusnya dan Anda akan memenangkan hati dan pikiran mereka. Ya bagaimana kita menjadi bagian dari mimpi para pelanggan kita. Kalau anda penulis buku, maka tulislah buku yang mampu memberikan inspirasi bagi para pembacanya. Buku yang membuat para pembacanya, tentang sebuah peluang yang ternyata ada di sekitar mereka.
Ketiga: Ciptakan Pengalaman yang Amat Sangat Menyenangkan
Apple Store telah menjelma menjadi toko ritel terbaik dengan memperkenalkan inovasi sederhana, yang dapat diadopsi dan didalami oleh semua bisnis. Inovasi tersebut membantu mereka memperkuat hubungan emosional dengan pelanggan. Contohnya, tidak ada kasir di Apple Store. Mereka punya staf ahli, konsultan, teknisi jenius, tapi tidak ada kasir. Mengapa? Karena Apple Store bukanlah bisnis yang ‘menjual sesuatu’; mereka adalah bisnis yang ‘memperkaya hidup’. Disinilah perbedaan besarnya. Mereka memang menjual produk yang bisa mewujudkan mimpi para pelanggannya.
Memang masih ada 4 lagi yang jadi prinsip hidupnya. Tapi saya hanya tertarik pada tiga prinsip tersebut. Tetapi sesungguhnya, prinsip seperti itu adalah prinsip bagi yang terbaik di alam jagad ini. Padahal manusia yang hidup di dunia ini begitu banyak, dan kebanyakan diantaranya sebenarnya punya cita-cita yang sangat sederhana saja. Kalau itu di Indonesia ya gambarannya seseorang yang mempunyai penghasilan sebesar UMR saja. Ya kan? Nah wajarkan kalau misalnya anda menjadi seorang Blogger dengan penghasilan 5 juta perbulan. Secara logika itu berarti anda sudah berhasil. Mimpi boleh, tetapi hidup sesungguhnya haruslah Realistis.
Pertanyaan berikutnya? Bisakah anda menjadi seorang penulis Blogger dengan penghasilan 5 juta per bulan? Kalau pertanyaan itu ditujukan ke saya, maka jawabannya sangat bisa. Berikut adalah desain “kemampuan” blogger yang harus anda kuasai untuk bisa mendapatkan hasil 5 juta perbulan.
Untuk menjadi sukses memang butuh yang namanya kerja keras,semangat,dan pantang menyerah. Begitu juga dalam dunia blogging harus ada kerja keras, siasat,  semangat dan kerja yang efisien. Sekarang  banyak sekali blogger sukses yang bermunculan baik dalam negri atau luar negri. Tetapi sebaliknya ada puluhan juta Blogger yang anggak dapat apa-apa dan bahkan jutaan Blogger lainnya melupakan Blognya sama sekali.
Mungkin anda tahu Linda Ikeji, pemilik blog Lindaikeji.blogspot.com dan kemudian jadihttp://www.lindaikejisblog.com yakni blog dengan platform blogger tetapi dengan “nama domain sendiri”. Blogger sukses asal Nigeria ini punya penghasilan yang tergolong luar biasa hanya dengan menggunakan platform blogger.com. Penghasilan Linda Ikeji dari blognya mencapai sekitar USD$63.000 setiap bulan, kalau dirupiahkan hampr 900 jutaan. Luar biasa kan?  Masa cari 5 juta saja anggak bisa?  Tapi disitulah Uniknya. Hidup memang penuh dinamika dan misteri.

Rahasia Para Blogger Sukses, mulai dengan :
Target Pasar Yang Jelas.
Kalau anda mau jadi Blogger. Maka sebaiknya memang anda harus bisa Ngeblog terlebih dahulu. Tutorial untuk itu banyak. Anda bisa mendapatkannya di Blog saya www.wilayahperbatasan.com atau www.wilayahpertahanan.com. Gratis. Pendek kata, kuasai dahulu ilmunya. Setelah itu. Maka sejak dari awal anda sudah harus mempunya target yang jelas dan terarah. Pilihlah target anda sesuai dengan Hobby atau kesenangan anda. Kalau anda senang sebagai penulis, maka sasaran anda adalah orang-orang yang senang menulis, senang membaca, para penerbit, para penulis buku, para penerbit online, para blogger dll. Anda bisa mengunjungi Toko Buku yang khusus menjual Buku-buku saya di www.bukuperbatasan.com
Bersamaan dengan target itu anda juga sudah mempersiapkan produk apa saja yang akan anda tawarkan, baik untuk orangnya sendiri misalnya pakaian, obat, dll. Juga anda persiapkan software yang baik utnuk mereka pakai kalau misalnya mereka akan membuat blog seperti anda. Bisa juga terkait buku-buku yang bagus untuk mereka baca untuk memperkuat pengetahuan mereka. Produk tersebut bisa anda jual lewat program affiliasi, lewat toko online dll. Milik anda sendiri. Mau lihat contoh blog affiliasi saya? Bisa lihat di www.bisnetreseller.com Ya semacam pembanding saja.
Jadwal Teratur Dengan Konten Yang Terarah.
Sejak awal anda sudah harus membuat rencana terkait Konten anda, baik itu karena terkait apa yang anda akan tuliskan dan juga berhubungan dengan produk-produk apa saja yang akan anda tawarkan. Jadwal terbit atau update konten blog anda harus terjamin dan berlanjut. Kemudian yang penting lagi konten atau artikel anda harus yang berkualitas, punya manfaat dan terintegrasi dengan apa yang akan anda twarkan. Karena itu, sebagai Blogger anda juga sudah harus paham dengan platform blog anda. Apakah anda mau di jalur yang gratisan atau jalur yang berbayar. Intinya adalah, sebagai blogger anda memang harus mempunyai ilmunya. Tapi jangan hawatir, anda bisa belajar sambil melakukannya. Dengan catatan, ya anda harus sabar. Sabar sampai memang anda mempunyai ilmunya dengan baik. Barulah setelah itu, anda bisa berkarya lebih focus lagi, lengkap dengan target pendapatan dari Blog anda.
Konsisten dengan Konten Berkualitas
Sejak awal anda harus konsisten dengan yang anda tulis,dengan fokus hanya satu tema seperti yang telah anda pilih  dan jangan berganti ganti tema/topik. Seperti di awal tadi, yang paling penting,konten/isi artikel haruslah berkualitas;  jangan sampai anda menulis konten asal asalan atau seadanya,harus ada perencanaan dalam membuat konten. Ingat lebih baik membuat satu konten tapi berkualitas daripada banyak tapi tidak berkualitas sama sekali. Untuk mendapatkan konten berkualitas, anda bisa lakukan dengan banyak cara. Bisa lewat membayar para penulis professional, bisa dengan mengajak penulis tamu, bisa dengan memintak izin agar artikel blog lain bisa nada muat kembali di Blog anda. Intinya, banyak cara untuk mendapatkan konten berkualitas. Lakukan itu dengan cara anda sendiri, dan lakukan yang terbaik.
Berpromosi ke Media Sosial.
Hal yang sering dilupakan para blogger adalah sisi promosi. Promosi ada yang gratis dan ada pula yang berbayar. Kalau anda ingin mendapatkan penghasilan dari Blog atau usaha Online, maka satu hal yang tidak bisa anda lupakan adalah berpromosi. Anda bisa melakukannya lewat media social secara gratis dan berbayar misalnya: Google +; Facebook, Instgram, Pinterest, LinkedIn, Twitter, Scoop it, Sumble Upon, Reddit dll.
Semua media social itu mempunyai jalur promosi baik yang gratis maupun yang berbayar. Intinya adalah, kalau anda ingin memperoleh penghasilan maka anda juga harus mempersiapkan dana anda untuk bepromosi. Karena promosi berbayar masih pilihan terbaik yang bisa mendatangkan pengunjung langsung ke Blog atau produk kita sendiri. Ingat Blog sebaik apapun itu, tetapi kalau tidak ada yang tahu, ya anggak akan ada pengunjungnya. Tanpa pengunjung, blog anda nggak akan ada manfaatnya. Baik itu untuk orang lain maupun untuk diri anda sendiri. Jadi Blogger masa kini, memang harus juga memahami dunia promosi.
Belajar, belajar dan Belajar.
Intinya adalah lakukan sesuatu “take action Now” dan kemudian teruslah belajar, selalu belajar untuk lebih baik lagi, perkuat jaringan Blog anda, manfaatkan fitur-fitur terbaik dengan memanfaatkan software yang ada, Di luar sana sangat banyak Software untuk memperkuat blog anda. Ada banyak software gratis, maupun software yang berbayar. Mau lihat di blog saya www.affiliatebesttools.com  Intinya adalah manfaatkan teknologi untuk Blog anda.
Nah kalau anda ingat lagi prinsi Steve Job yakni Lakukan yang Anda Sukai. Ingat “People with passion can change the world for the better,” kata Jobs, inilah prinsip pertama yang ia praktekkan selama hidup; ia selalu mengikuti apa kata hatinya. Menurutnya, passion itulah yang membuat segala perbedaan. Akan sulit untuk menghasilkan ide yang baru dan kreatif ketika Anda tidak memiliki ketertarikan dan minat khusus pada apa yang Anda kerjakan.
Jangan lupa Juallah Mimpi yang Indah.
Bagi Steve Jobs, mereka yang membeli produk Apple bukanlah “pelanggan”. Mereka adalah orang-orang yang dipenuhi dengan harapan, mimpi dan ambisi. Ia membuat produk untuk membantu orang-orang ini mewujudkan mimpi. “Some people think you’ve got to be crazy to buy a Mac, but in that craziness we see genius,” kata Jobs. Bagaimana Anda melihat pelanggan Anda? Bantulah mereka mengoptimalkan sisi jeniusnya dan Anda akan memenangkan hati dan pikiran mereka.
Blog yang anda buat itu adalah mesin yang membuat anda Enjoy untuk melakukan aftivitas yang anda senangi. Lewat Blog anda telah mencoba meyakinkan para pembaca anda tentang mimpi-mimpi yang bisa mereka wujudkan lewat berbagai pola sukses yang anda tawarkan. Pola sukses yang anda isi dengan produk produk yang mereka senangi dan merasa perlu untuk memilikinya demi kebaikan mereka sendiri. Kalau anda bisa mewujudkan Blog seperti itu, maka percayalah anda juga akan memperoleh penghasilan yang tidak sedikit untuk kelanjutan hidup anda beserta mimpi-mimpi anda sendiri. Jangankan 5 Juta, anda bisa mendapatkan jauh lebih besar kalau anda sudah menguasai Ilmunya. Cobalah.


July 7, 2016

Penulis Kejar Honor, Sulitkah menulis di Harian Kompas?

Mau Lihat Si Penulis Dari Perbatasan? Klik Disini




Mau mengirim tulisan artikel ke harian Kompas? Misalnya pada rubric : Opini?  Ada baiknya baca dulu syarat-syarat tulisan atau artikel yang diterima Kompas. Minimal ada semacam “guide” untuk anda lebih memfokuskan diri?  Syarat-syarat ini sebenarnya adalah sebuah balasan dari Redaksi Kompas kepada para pengirim artikel ke harian Kompas. Sebelum era digital seperti saat ini. Biasanya redaksi Kompas, khususnya pada era tahun 90an akan mengembalikan artikel yang tidak bisa mereka muat disertai selembar informasi yang berisi kriteria umum artikel yang mereka inginkan. Kala itu meski anda tidak menyertakan prangko, redaksi tetap dengan setia mengembalikan artikel anda.

Kriteria umum ARTIKEL yang diterima Kompas:

Asli, bukan plagiasi, bukan saduran, bukan terjemahan, bukan sekadar kompilasi, bukan rangkuman pendapat/buku orang lain.
Belum pernah dimuat di media atau penerbitan lain termasuk Blog, dan juga tidak dikirim bersamaan ke media atau penerbitan lain.
Topik yang diuraikan atau dibahas adalah sesuatu yang aktual, relevan, dan menjadi persoalan dalam masyarakat.
Substansi yang dibahas menyangkut kepentingan umum, bukan kepentingan komuninas tertentu, karena Kompas adalah media umum dan bukan majalah vak atau jurnal dari disiplin tertentu.
Artikel mengandung hal baru yang belum pernah dikemukakan penulis lain, baik informasinya, pandangan, pencerahan, pendekatan, saran, maupun solusinya.
Uraiannya bisa membuka pemahaman atau pemaknaan baru maupun inspirasi atas suatu masalah atau fenomena.
Penyajian tidak berkepanjangan, dan menggunakan bahasa populer/luwes yang mudah ditangkap oleh pembaca yang awam sekalipun. Panjang tulisan 3,5 halaman kuarto spasi ganda atau 700 kata atau 5000 karakter (dengan spasi) ditulis dengan program Words.
Artikel tidak boleh ditulis berdua atau lebih.
Menyertakan data diri/daftar riwayat hidup singkat (termasuk nomor telepon / HP dan foto diri), nama Bank dan nomor rekening.  Alamat e-mail opini@kompas.co.id


Kalau Video Ini Beda Lagi


Ketatkah Kriteria Rubrik Kompas itu?

Bagaimana? Apakah kriteria artikel yang diterima Kompas itu menurut anda terlalu berat? Menurut saya, dibilang berat ya memang berat, dibilang wajar ya wajar. Memang tulisan itu harusnya memang seperti itu, dan bisa memenuhi kriteria di atas. Tapi apakah dengan memenuhi kriteria itu, berarti tulisan kita lalu bisa dimuat? Jawabnya? Ya tergantung. Tergantung, kalau tulisan kita itu lebih unggul dari tulisan-tulisan lainnya. Sebab jangan lupa, tiap harinya redaksi pasti menerima artikel dalam julam puluhan hingga ratusan artikel perharinya. Katakanlah tulisan anda sudah bagus, tepat waktu dan menarik. Tetapi kemudian ada pula tulisan lain yang tidak kalah menariknya, dan ditulis oleh seorang “pesohor” atau seorang ahli bertitel professor maka secara logika redaksi bisa dipastikan akan memilih tulisan dari para ahli itu.

Yang ingin saya sampaikan adalah, redaksi juga ingin melihat agar harian mereka memang juga penuh dengan orang-orang ahli, pesohor, selebriti dll yang punya “nilai jual” dan bisa memberikan mereka tambahan prestis.Logika seperti itu bisa diterima, meski dan tentu saja tidak sepenuhnya benar. Ada baiknya, agar dalam riwayat singkat anda cantumkan hal yang spesifik yang berhubungan dengan yang anda tuliskan. Misalnya kalau tulisan itu tentang lingkungan hidup, dan kebetulan anda juga aktifis lingkungan hidup. Makah informasi seperti itu akan jadi nilai tambah bagi anda. Bisa juga, kalau anda sedang mengambil S2 atau S3 cantumkan juga agar bisa menambah bobot tulisan anda.
Halaman 4 Kompas yang memuat Tajuk Rencana dan Opini yang sekarang menjadi Halaman 6, sering dianggap sebagai “Candra dimuka”-nya Kompas. Tempat dimana para pemikir dan praktisi saling beradu argumentasi terkait sesuatu yang tengah jadi bahan perbincangan di tengah masyarakat. Kalau tulisan anda menarik, lugas, cerdas, mengigit  dan pas, tentu mereka tidak akan melihat “latar belakang anda”. Tapi kalau isinya hanya sesuai dengan sesuai dengan teori kepenulisan biasa, maka dapat dipastikan mereka akan melihat “siapa sebenarnya” anda, dan juga membandingkannya dengan tulisan para pakar yang lain.
Kalau anda sudah sering mengirimkan tulisan ke harian Kompas, tetapi mereka belum juga bisa memuat tulisan anda; ada kalanya mereka juga akan mengirimkan  beberapa pointer yang perlu anda perhatikan secara lebih teliti. Berikut adalah  beberapa  penyebab sebuah artikel Anda ditolak oleh Desk Opini Kompas, yaitu:

·         Topik atau tema kurang aktual
·         Argumen dan pandangan bukan hal baru
·         Cara penyajian berkepanjangan
·         Cakupan terlalu mikro atau lokal
·         Pengungkapan dan redaksional kurang mendukung
·         Konteks kurang jelas
·         Bahasa terlalu ilmiah/akademis, kurang populer
·         Uraian Terlalu sumir
·         Gaya tulisan pidato/makalah/kuliah
·         Sumber kutipan kurang jelas
·         Terlalu banyak kutipan
·         Diskusi kurang berimbang
·         Alur uraian tidak runut
·         Uraian tidak membuka pencerahan baru
·         Uraian ditujukan kepada orang
·         Uraian terlalu datar
·         Alinea pengetikan panjang-panjang.

Satu hal lagi yang ingin saya sampaikan, menulis di harian Kompas (Surabaya Post, Sinar Harapan) saat ini honornya tidaklah sebesar tahun tahun 70 an. Saya masih ingat waktu itu, untuk artikel kelas Opini mereka memberikan honor mulai dari Rp12000 sampai dengan Rp15000. Sedangkan harian lokal seperti Kedaulatan Rakyat ( Yogya), Pikiran Rakyat ( Bandung), Suara Merdeka( Semarang), Waspada (Medan)  antara rp15000 sampai dengan rp 2000. Harga beras kualitas sedang waktu itu baru Rp 30 per Kgnya. 
Jadi satu tulisan honornya setara antara 400kg sampai 500 kg beras atau dengan harga sekarang setara dengan nilai Rp900000 sampai rp1500000. Sebagai mahasiswa waktu itu, kita hanya butuh satu artikel Utama ( Kompas, Surabaya Post, Sinar Harapan) dan 3 sampai 4 tulisan di Koran lokal. Sekarang? Kompas paling paling hanya menghargai antara Rp300000 sampai dengan 750000 rupiah. Suatu jumlah yang sangat berbeda dengan jaman tahun tahun 70an. Nanti kita sambung lagi.



Sumber: http://www.bukuperbatasan.com/index.php/2016/07/07/penulis-kejar-honor-mau-menulis-di-harian-kompas/