February 2, 2019

Jual Pengelolaan Wilayah Pesisir - Buku Perbatasan | Tokopedia



Jual Pengelolaan Wilayah Pesisir - Buku Perbatasan | Tokopedia






Pengelolaan Wilayah Pesisir Menghadirkan Kesejahteraan di Desa Pesisir

ISBN 978-602-336-742-9

Jumlah Halaman : 332 halaman



Potensi nilai ekonomi sektor kelautan Indonesia diperkirakan mencapai 3 kali APBN 2017 dengan peluang kesempatan kerja mencapai 30 juta orang. Ekonomi kelautan semakin strategis bagi Indonesia, seiring dengan pergesaran pusat ekonomi dunia dari Poros Atlantik ke Asia-Pasifik. Dewasa ini, 70% perdagangan dunia berlangsung di kawasan Asia-Pasifik. Sekitar 75% dari seluruh barang dan komoditas yang diperdagangkan di dunia ditransportasikan melalui laut Indonesia 

Bagaimana mengelola Wilayah Pesisir dengan laut yang demikian kaya dengan berbagai potensi, mengingatkan kita perlunya pemahaman terkait pengembangan potensi bisnis dengan pola SHARING PLATFORM, pola bisnis yang bisa menjangkau para peminatnya dengan cara yang menjanjikan. Masih ingat Facebook? Facebook kini sudah menjadi perusahaan media besar TANPA memproduksi konten apapun. Go-Jek dan UBER adalah perusahaan transportasi besar TANPA memiliki kendaraan. AIRBNB adalah perusahaan hospitality TANPA memiliki satu pun kamar hotel atau villa. 

Banyak yang menyebut fenomena ini sebagai sharing economy. Hal ini dimungkinkan oleh berbagai perusahaan tersebut rela bergabung karena memiliki business model berbasis platform. Apa yang dimaksud dengan platform? Sebaiknya kita sederhanakan saja. Mereka bisa bertahan dan berkembang pesat karena mereka menciptakan suatu wadah yang dapat menghubungkan calon pengguna dan pemilik aset dalam bahasa yang sama, yakni ingin bersama-sama menghasilkan uang. Wadah inilah yang disebut sebagai suatu platform. Pola inilah yang coba diperkenalkan Buku ini dalam mengelola wilayah pesisir.

January 26, 2019

Pengalaman Jadi Penulis Kejar Honor




Pengalaman Jadi Penulis Kejar Honor


Pada waktu itu, ketika masih mahasiswa UGM ditahun-tahun 75an. Satu satunya untuk mendapatkan uang yang saya tahu barulah dari sisi penulisan. Ya jadi penulis di Koran Harian. Tetapi terus terang kala itu honor tulisan juga tergolong cukup besar. Untuk satu tulisan jenis artikel Opini di harian Kompas, Surabaya Post, Sinar Harapan berpariasi mulai dari Rp 25 – 35 ribu. Harga 1 kg beras waktu itu Rp 30. Jadi satu tulisan itu bisa memperlah satu ton beras. Sementara untuk Koran local (Kota) biasanya antara Rp 1500 sampai Rp3500 per artikelnya. Kalau di bandingkan dengan sekarang memang sangat jauh berbeda.
Mengirimkan artikel ke Koran atau umumnya kolom opini di media massa, mungkin menjadi dambaan bagi para penulis. Entah menulis untuk  koran berskala nasional atau pun lokal, yang jelas ada prestise tersendiri bagi penulisnya serta kepuasan berbagi perspektif pada masyarakat. Namun demikian, kita harus punya perhitungan. Sebab kita akan bersaing dengan banyak penulis profesional. Keraskah persaingan itu? Jawabnya tentu relative. Kalau tulisan anda memang bagus dan berkualitas serta pada waktu yang tepat, maka kemungkinan artikel anda untuk dimuat besar sekali. Tetapi apakah itu suatu jaminan? Tentu tidak, sebab pada ahirnya yang berhak menentukan dimuat tidaknya tulisan anda tersebut tergantung Redaksi dan Pimpinan Redaksinya.

Dalam upaya menulis di media arus utama ini, kita perlu banyak belajar dari penulis lain tentang keberhasilan mereka menembus media massa. Yakni dengan membaca artikel-artikel mereka serta memperhatikan waktu artikel tersebut dimuat.  Salah satu rubrik paling polpuler adalah opini, dimana banyak penulis profesional begitu antusias menulis di sini. Karena itu, saya ingin mengatakannya di sini, bahwa mencoba kemampuan menulis anda bisa diukur dari sisi ini. Meski demikian bukan berarti sebuah tulisan yang tidak bisa dimuat di suatu kolom opini Surat Kabar berarti tulisan tersebut jelek. Dalam hal ini ada terpaut soal selera. Tetapi sebagai calon penulis professional hal seperti ini bisa jadi pertanda. Mampukah anda membuat tulisan dan dimuat di Koran tersebut. Mulailah berjenjang, urutkan dari Koran kecil di kota anda, kemudian ke kota tetangga dan seterusnya hingga Koran terbaik di negeri ini. Menurut saya ide seperti itu akan mampu menumbuhkan adrenalin kepenulisan anda, dan itu sesuatu yang menarik.



Saya pernah berada pada kondisi seperti itu, tetapi motivasinya berbeda. Waktu tahun-tahun 75 an saat masih mahasiswa di UGM Yogyakarta, saya berjuang untuk bisa menjadi penulis Koran demi mendapatkan honornya. Saat itu belum ada computer, belum ada wifi dan kehidupan Online. Yang ada barulah mesin tik dan Tip Eks sebagai penghapusnya. Di tengah berbagai keterbatasan dan kegiatan perkuliahan, saya melakukan pelatihan menulis dengan otodidak ( Kisah selengkap nya sobat bisa lihat dibuku saya: Ketika Semua Jalan Seolah Tertutup… Menulis Malah Memberiku Semuanya). Hasilnya setelah enam bulan berjuang barulah satu tulisan saya dimuat di Koran  Dua Mingguan Eksponen di jalan KH Dahlan-Yogyakarta. Senangnya bukan main.

Dua bulan berikutnya, hampir semua Koran nasional sudah menerbitkan artikel-artikel saya. Yang Paling melegakan, saya dapat mempertahankan penghasilan honor dari tulisan saya tiap bulannya antara 17-35 ribu rupiah. Sutau capaian yang tidak sederhana. Saya masih ingat anak bupati yang kostnya di Realino waktu itu wesselnya baru sebesar Dua puluh lima ribu rupiah. Harga beras per Kg baru tiga puluh rupiah. Jadi harga satu artikel di harian Nasional seperti Kompas-Sinar Harapan dan Surabaya Post waktu itu bervariasi antara 17,500 sampai 30,000 rupiah atau setara dengan 580 kg -1000 kg beras ukuran sedang, sementara Koran Lokal seperti Kedaulatan Rakyat, Pikiran Rakyat dan Suara Merdeka bervariasi antara 1500-2500 rupiah. Berkaca dengan pengalaman ini maka menjadi penulis professional adalah soal kemauan.




Pakailah Tip Sederhana Ini  Inilah beberapa tips atau kiat yang umumnya dilakukan para penulis pemula, sehingga tulisannya berhasil menembus media. Di antaranya;

Perhatikan gaya penulisan media tersebut. Demikian juga dengan gaya penulisan opininya di koran tersebut, sebab masing-masing media mempunyai standar dan selera penulisan yang berbeda.

Topik Aktual. Koran terbit setiap hari, isu berubah setiap saat. Untuk menulis topik aktual, tantangannya adalah  untuk tidak hanya mengerti isu-isu terdahulu tapi juga memprediksi isu yang akan datang. Karena itu mengikuti isu yang tengah berkembang di media tersebut, namun bukan semacam berita melainkan opini dengan berbagai perspektif. Sebagai penulis opini, kita dituntut cermat menghadirkan perspektif baru untuk mengurai persolan yang tengah terjadi bahan penulisan melalui tersebut tersebut.

Ide Orisinal, Bukan Plagiat atapun Kompilasi. Terkadang data didapat dari tulisan lain. Tapi yang perlu diperhatikan, jangan sampai data itu justru menjadi yang utama dalam tulisan. Kembangkan ide terlebih dahulu baru kemudian data mengikuti.
Argumentasi Logis.Logisme adalah syarat mutlak supaya ide dapat diterima dengan baik oleh masyarakat. Karena, tujuan menulis sejatinya adalah untuk menyumbangkan solusi dan tidak bertele-tele. Kurangi kata ‘kita’. Karena kata ‘kita’ mengesankan tulisan tersebut adalah tajuk rencana atau tulisan untuk meyapa redaksi. Sebut saja saya atau penulis kecuali kalau sifatnya memang sudah common sense.
Mengikuti Aturan.Perhatikan betul ejaan yang digunakan. Perhatikan pula aturan yang ditentukan oleh redaksi, misalnya: jenis tulisan, jumlah karakter, margin, spasi, dan seterusnya. Sebaik-baiknya tulisan tapi jika tidak mengikuti aturan tetap akan ditolak oleh redaksi. Kemudian menggunakan Bahasa yang Sopan.Keba nyakan media kini menerima tulisan melalui e-mail. Karena kemudahan ini, terkadang kaidah dan etika menulis surat terabaikan. Tulislah isi e-mail dengan sapaan kepada redaksi dan berisi maksud e-mail tersebut dengan bahasa yang sopan. Dengan begitu, redaksi jadi lebih merasa dihormati.

Perbanyak referensi. Sebuah tulisan akan sulit meyakinkan redaksi kolom opini jika referensinya kurang meyakinkan, entah itu sebagai data penguat, atau teori yang digunakan dalam menopang perspektif tulisannya. Meski referensi yang berlebihan juga pasti akan menyebalkan, dan itu tentu tidak disukai.

Afiliasi dalam sebuah lembaga atau organisasi. Biasanya, background seorang penulis opini juga dipertim bangkan. Hal ini bisa dimaklumi, misalkan anda seorang peneliti dari lingkungan Kementerian Pertahanan. Meskipun apa yang anda tuliskan sebenarnya tidak jauh beda dari penulis lainnya, tetapi latar belakang anda dari Kementerian terkait telah mempunyai nilai tersendiri bagi mereka. Lagi pula Harian tersebut ada juga keinginan untuk melahirkan penulis dari lingkungan Kementerian Pertahanan. Dari pengalaman penulis sendiri, sering terasa ada perhatian dari Redaksi terkait dimana posisi penulisnya. Saya masih ingat takkala penulis melakukan penegasan batas antara Indonesia dan Papua New Guinea, semua tulisan yang saya kirimkan dari lokasi tersebut dimuat oleh media yang saya kirimi. Begitu juga pada saat saya melaksanakan Kuliah Kerja Nyata, semua tulisan-tulisan dari lapangan tersebut dimuat oleh media yang saya kirimi. Kesan saya waktu itu, redaksinya seperti ingin membantu penulisnya. Dengan kata lain latarbelakang si penulis termasuk sesuatu yang jadi pertimbangan redaksi.
Juga jangan lupa untuk melampirkan data diri penulis. Syarat yang satu ini juga penting. Jangan lupa cantumkan scan KTP atau tanda diri lainnya seperti nomor NPWP, nomor rekening (biasanya ada honor untuk penulis), dan foto diri . Untuk syarat seperti ini, biasanya agak berbeda antara Koran yang satu dan lainnya, karena itu perlu disesuaikan dengan permintaan media bersangkutan.

July 15, 2018

Jajal Kemampuan Menjual Produk Clickbank mu Secara Gratis



 Jajal Kemampuan Menjual Produk Clickbank mu Secara Gratis

Tulisan ini saya cuplik dari Buku “Cara Mudah Mencari Uang di Clickbank”, khususnya terkait bagaimana caranya memasarkan produk tersebut ke ratusan media social lainnya, secara mudah dan tidak perlu bayar. Pada tahapan ini anda sudah diberi tahu cara membuat Link Affiliasi di Clickbank dan kini tinggal memasarkannya lewat berbagai media social secara mudah dan menyenangkan.
Sekarang tiba saatnya untuk menguji kemampuan menjual yang ada pada diri Anda. Artinya, anda mau mencoba memasarkan produk dari Clikbank dengan cara sederhana dan tanpa memerlukan biaya ekstra. Artinya anda pada kesempatan kali ini, baru mencoba memanfaatkan berbagai social media yang ada tanpa atau belum memanfaatkan bisnis periklanan. Hal pertama yang perlu anda ingat adalah, bahwa Hoplink atau Link Affiliasi yang anda dapatkan dari Clickbank, belum bisa anda tampilkan di berbagai social media tersebut meski ada juga yang bisa. Misalnya di Twitter. Mari kita lihat seperti apa jadinya.
Pertama anda pergi ke Clickbank.com/Marketplace.htm   maka anda akan sampai di laman ini Dalam tulisan ini tidak dimuatkan gambarnya. Secara lebih jelas anda bisa lihat di Bukunya” Cara Mudah Cari Uang di Clickbank” :
Kemudian mencari produk yang menurut Anda akan laku di jual, kita mencarinya di Segmen E-Business/E-Marketing  kemudian kita pilih produk dengan memakai Sort Results by Graviti maka akan kita dapatkan produk sebagai berikut :
Kita akan mempromosikan produk “ Five Minute Profit Sites - 75% Comm & Bonuses! (view mobile)” dan kemudian Klik Promote maka anda akan di bawa ke :
Kemudian anda Klik tulisan Create nya maka akan keluarlah Link Affiliasi atau Hoplink produk yang akan anda pasarkan tersebut. Jadinya seperti ini :
Cara Buat Hoplink di Clickbank
Setelah Hoplinknya dapat, anda bisa mengambilnya dengan Copy Paste sehingga didapatlah Hoplink atau Link Afliasi nya sebagai berikut :  http://2be76bin06tsnseds2p7s25wa3.hop.clickbank.net/
Nah sekarang coba cari Link tersebut ke Google maka anda akan melihat produk yang akan anda pasarkan tersebut yakni seperti ini :
Nah anda kini sudah bisa melihat produk yang akan anda pasarkan : Masalahnya, kalau Link tersebut anda postingkan di Facebook maka dapat dipastikan Facebook tidak akan mau menerimanya, alias link tersebut tidak akan jadi apa-apa. Begitu juga kalau anda ke Blogger Dll Tapi anda bisa ke Twitter atau tepatnya ke http://www.twitshot.com/ anda tinggal pastekan pada websitenya, maka akan muncullah gambar sbb :
Anda tinggal meng Twit pada Twitter nya maka anda sudah ber iklan di Twitter dengan Iklan lengkapnya sebagai berikut :
Cara buat Iklan Gratis di Twitter
Artinya iklan anda akan muncul di Twitter Anda dengan gambar sebagai berikut. Pada contoh diatas, iklan tersebut langsung saya terapkan di Laman Twitter saya. Gampangkan? Ya sesederhana itulah caranya. Agar Iklan anda muncul pada saat ramai, maka anda juga harus mengunggah iklan anda pada jam-jam di saat orang banyak lagi ramai di Medsos. Misalnya sekitar Jam-jam 10-11 pagi dan pada jam antara 12-13 siang, sesuai dengan waktu setempat atau waktu local. Anda bisa melakukan perubahan gambar dengan mengunggah gambar lain yang menurut anda akan menarik perhatian orang lain; demikian juga dengan kata-katanya rumah di sana sini. Sehingga Iklan yang anda tampilkan terlihat baru dan menyenangkan.
Nah kalau anda mau membuat iklan gratis di berbagai media lainnya seperti ke Tumblr, Blogger, Facebook, LinkedIn Dll maka sebaiknya anda membuat sebuah tulisan sederhana tentang produk yang anda iklan itu di Blogger atau website gratisan. Artinya anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk beriklan tetapi tetap tampil keren dan menarik. Salah satu yang saya sarankan adalah dengan langkah-langkah sebagai berikut. Pertama anda membuat Blog dahulu di Blogger. Tidak perlu bayar. Kemudian anda membuat postingan tentang produk yang anda akan iklankan tersebut. Setelah postingannya di publish atau diterbitkan maka anda bisa mengiklankan postingan tersebut hamper ke semua Medsos, seperti Yahoo, Bing, Google+,Tumblr, LinkedIn Dll hanya dengan memanfaatkan Add to Any nya Google Ekstension. Nah dalam Buku “Cara Mudah Cari Uang di Clickbank” telah diajarkan cara membuat Blogger sampai anda bisa. Sampai disini Anda saya anggap sudah bisa membuat sebuah Blog di Blogger. Sebagai contoh, saya menamakan blog bisnetreseller.blogspot.com atau bisnisusahareseller.blogspot.com Jika Anda membuat blog dengan tujuan mempromosikan produk Anda atau produk afiliasi, maka dalam memilih nama, sebaiknya berisi nama produk atau jasa yang akan Anda tawarkan. Misalnya jika Anda ingin menjual software Vidfuse, Anda bisa memilih kata kunci Vidfuse misalnya jadi Vidfuseviedo.blogspot.com artinya nama produk tersebut jadi bagian dari nama blog anda.
Berikut saya perlihatkan waktu saya mempromosikan produk Traffic Travis. Judulnya saya buat agar lebih menarik menjadi : Traffic Travis Best Keywords Tool for Marketing   tulisan tersebut saya buat di blogger saya : http://affiliatereviewfornewbie.blogspot.com/2018/05/traffic-travis-best-keywords-tool-for.html


 Gambar Iklan di Google+

Nah dalam postingan ini sudah saya masukkan Hoplink atau Link Affiliate saya. Artinya akalau para pembacanya senang dan kemudian melakukan pembelian lewat Link saya, maka saya akan dapat komisi. Gampang kan?
Lalu bagaimana caranya agar Postingan atau Iklan terselubung ini bisa di muat di berbagai Medsos lainnya? Gampang. Taroh kursor computer anda pada body tulisan yang ada di blog anda tersebut lihat gambar. Klik kanan Mouse nya, maka akan terlihat tulisan Add to Any…dan diujungnya anda akan menemukan ratusan Media Sosial yang bisa anda kirimkan tulisan anda. Jadi anda tinggal memilih media social yang mana yang anda suka. Misalnya Facebook maka yang perlu anda lakukan Copy bagian dari tulisan anda yang paling menarik, kemudian klik kanan Mouse nya lalu pilih media sosialnya; misalnya Google+ maka ia akan muncul sebagai berikut :
Enak sekali kan? Ya lah Iklan anda akan dilihat banyak orang, kalau anda melakukannya pada waktu yang tepat. Hal seperti ini dapat anda lakukan ke ratusan Media social lainnya. Asal anda memang mempunyai akun di Media tersebut. Misalnya di Facebook, ya anda harus punya akun Facebook. Demikian juga di Twitter, di LinkEdIn, Tumblr, Google+ Dll. Saya juga produk dalam bahasa Indonesia, misalnya Jual Buku Formula Gaptek, caranya sama dengan yang telah kita jelaskan diatas, dan hasilnya jadi seperti ini :

 Gambar Formula Gaptek di Google+