July 21, 2015

Penulis Sukses, Penulis dan Pengarang Buku Laris Di Indonesia



Penulis Sukses, Penulis dan Pengarang Buku Laris Di Indonesia
Siapa sesungguhnya penulis dan pengarang paling terkenal di Indonesia? Sejatinya itu hanyalah persoalan sederhana; yakni penulis yang paling banyak bukunya terjual. Tetapi kalau saya menyebutkan beberapa pengarang atau penulis terkenal di sini, lebih cenderung pada pendapat pribadi. Terlepas apakah mereka yang paling terkenal atau tidak, bagi saya itu tidak menjadi masalah. Tetapi apa yang membuat mereka bisa terkenal dan bukunya laris tentu hanya orang pemasaranlah yang paling tahu sebabnya. Sebab jangan lupa, pasar itu bisa direkayasa dan rasa itu bisa di populerkan. Apakah itu enak atau tidak? Jawabnya relatif.
Saya malah lebih cenderung untuk mengatakan bahwa kegiatan tulis-menulis tentu mensyaratkan ketrampilan menulis. Bagaimana mungkin tulisan bisa dikatakan baik tanpa ketrampilan menulis, yaitu ketrampilan untuk mengungkapkan pikiran dengan untaian kata, rangkaian kalimat, dan susunan paragraph dalam tulisan. Hanya saja yang perlu diketahui dan diyakini oleh setiap orang adalah bahwa ketrampilan menulis tidak muncul tiba-tiba. Ketrampilan tersebut harus dibangun dan ditumbuhkembangkan dengan aktifitas menulis yang tak mengenal bosan dan lelah dan sembari terus berlatih dan berlatih, menulis dan terus menulis.
Ada pula kekuatan bakat di sana. Kalau ada bakat maka jelas akan bertambah lagi nilainya,  tetapi sekedar mengandalkan bakat saja tentu tak cukup. Bakat tak pernah bisa mengalahkan latihan, namun latihan disertai bakat akan membuat seseorang menjadi “SPESIAL”, Jadi seorang Penulis yang khas. Ketrampilan menulis itu buah dari latihan terus-menerus yang dilakukan dengan senang hati.
Tulisan yang berbobot dan menyentak itu tidak lepas dari pengetahuan yang dimiliki oleh si penulisnya. Sebuah tulisan meski sama-sama mengusung tema dan judul yang sama, akan sangat berbeda karena latar belakang pengetahuan yang dimiliki oleh si penulisnya. Karena itu sedari awal anda harus jadi  penulis yang menguasasi bidangnya, jadilah spesialis di bidangnya. Memiliki pengetahuan yang mendalam dalam bidang yang kita tulis pastilah akan jadi referensi yang dicari banyak orang.
Wawasan seorang penulis juga akan sangat berperan dalam suatu tulisan. Wawasan berbeda dengan pengalaman dan pengetahuan. Setidaknya begitulah menurut pendapat saya, karena wawasan adalah hasil perpaduan antara pengalaman dan pengetahuan, dan ia kan menjadi simpul-simpul yang sesuai dengan referensi manapun dan bahkan jadi referensi baru dibidangnya. Daya kritis dan kejelian seseorang menjadi kunci agar wawasannya luas. Oleh karenanya, kecerdasan seseorang menjadi fondasi wawasannya. Jadi tidak salah kalau kita mengatakan penulis-penulis sukses didominasi orang-orang cerdas. Tapi bukan berarti sebaliknya? Sebab banyak juga orang yang bisa menikmati tulisan dari orang-orang biasa, malah lebih mudah untuk menikmatinya.
Menulislah selagi anda memang punya keinginan untuk itu. Memang yang terbaik adalah ketika kita menulis tentang hal-hal yang paling kita kuasai dan kita minati. Tapi terlepas dari tema apapun yang akan ditulis, ada satu hal yang harus diingat: Tulisan kita itu nantinya akan dibaca oleh publik, mungkin diterbitkan jadi buku atau dimuat di media cetak atau blog. Karena itu, yang paling penting untuk dipikirkan adalah: Tulisan-tulisan yang kita buat itu harus memiliki nilai tambah, dan bermanfaat. Jadi buatlah tulisan itu menarik dan bermanfaat bagi pembaca.
Inilah daftar penulis buku dan pengarang terkenal di Indonesia menurut salah satu situs wikipedia, ada banyak sekali penulis terkenal rupanya versi wikipedia. Dan anehnya saya sendiri banyak yang tidak mengenal mereka, mungkin juga Anda. Tapi dalam tulisan ini saya akan membagikan informasi yang beda sumber dengan Wikipedia yang ada dan bisa jadi ini sifatnya sesuai penilaian pribadi saja.
Menurut berbagai sumber yang ada, Penulis dan Pengarang Buku Terkenal Di Indonesia ada 4 orang, yaitu:
Andrea Hirata
 
Sebagai penulis buku yang laku keras di pasaran, salah satu judul bukunya adalah Laskar Pelangi. Sumber yang saya dapatkan bahwa Andrea sudah menjual lebih dari 500.000 copy exp bukunya dan dengan total nilai lebih dari Rp 3,2 miliar, itu baru dari satu buku dengan judul laskar pelangi.



Habiburrahman El shirazy 


Penulis yang lulusan Al Azhar Mesir ini sukses sebagai penulis novel, salah satunya adalah yang berjudul Ayat - Ayat Cinta, bukan hanya sebagai buku, namun judul itu juga nge-BUZZ di layar lebar. Dunia perfilman di suguhkan genre film yang berbeda. Tidak hanya sampai di situ, buku - buku lainnya juga sempat mengambil perhatian publik, seperti Ketika Cinta Bertasbih, Dalam Mighrab Cinta, dan lain - lain. Wajar jika masyarakat menjadikan Kang Abik (nama bekennya  Habiburrahman El Shirazy) sebagai penulis buku terkenal di Indonesia.
tentu dia sudah mendapatkan penghasilan yang baik atau malah baik sekali.
Mira W.

Buku-buku yang fenomenal, seperti judul Cinta Sepanjang Amazon, buku itu telah mengangkat penulis yang juga berprofesi dokter umum ini menjadi penulis terkenal di Indonesia. Penulis ini  telah menulis karya lebih dari 20 novel yang laku keras di pasar. Perkiraan penghasilan atau keuntunggan yang dia peroleh dari kegiatan menulis ini lebih dari Rp 2.5 Milyar.

Dewi Dee Lestari

Apakah adan sudah baca tips menulis novel ala Dewi Dee Lestari? jika belum silahkan menuju kesana dengan klik di sini.
Disamping sebagai penyanyi, ternyata Dee adalah penulis yang produktif, buktinya banyak bukunya yang ditemukan di pasar buku dan menjadi best seller. Dari penampilannya yang mengesankan adalah penampilannya sebai seorang ibu yang sederhana, namun mampu memberikan karya tulis yang enak dibaca dan tergolong yang terbaik untuk Indonesia.

Meski saya setuju dengan keempat penulis terkenal ini, saya sendiri sebenarnya bukanlah pembaca karya penulis seperti mereka, dan terus terang saya malah lebih suka baca tulisan Cak Nun dan sejenisnya. Karena itu kalau ingin jadi penulis, janganlah terlalu kaku dengan genre dan pola sebab semua itu ada peminatnya. Tapi kalau anda memang bisa membaca “pasar” maka tentu anda akan punya kans untuk jadi penulis terkenal. Tetapi ingat, tanpa terkenalpun sesungguhnya jadi penulis itu sudah enak dan bisa memberikan anda kehidupan yang baik.

No comments:

Post a Comment